Kamis, 24 April 2014

Jalan-jalan Observasi ke Summarecon Mall Bekasi


Rabu, 23 April 2013 kemarin saya & teman-teman calon fasilitator Sekolah Alam Jingga ditugaskan untuk jalan-jalan melihat-lihat Summarecon Mall Bekasi. Jalan-jalan yang ditugaskan ini tentu ada tujuannya. Kalau sebatas jalan-jalan main saja sih, nggak usah ditugaskan juga let's go aja :D. Kebetulan kan saya yang baru tinggal di Bekasi belum sempat jalan-jalan ke mana-mana, Summarecon Mall yang mentereng & megah itu pun hanya kerap dilewat saja saat perjalanan. Jadi, tugas kali ini adalah untuk observasi area-area di mall tersebut yang bisa digunakan sebagai tempat untuk kegiatan outing, salah satu bagian dari kegiatan pembelajaran Sekolah Alam Jingga.
Kolam ikan koi, area ruang publik yang menarik untuk lokasi belajar tingkat dasar
Konsepnya, di mana pun berada, termasuk mall sekali pun, para siswa tetap dapat belajar. Tugas kami adalah melakukan pengamatan untuk menentukan lokasi-lokasi yang memungkinkan siswa belajar. Titik pengamatan yang signifikan untuk dijadikan tempat  belajar adalah lokasi yang memenuhi syarat sebagai ruang publik, display interior, & toko yang menjual peralatan yang menunjang pembelajaran. Masing-masing kami harus menentukan hal-hal yang dapat dipelajari di area tersebut sesuai level pendidikan kelas yang ditangani masing-masing.

Karena keterbatasan waktu pengamatan, hanya sebagian kecil saja Mall Summarecon yang begitu luas itu yang sempat terjelajahi. Meski begitu, banyak sekali tempat-tempat yang bisa dijadikan lokasi pembelajaran yang menarik. Karena sebenarnya ini adalah tugas, yuk mari langsung saja menyimak laporan hasil pengamatan versi saya berikut ini. Namun tetep kok, selalu ada kesempatan untuk bernarsis ria :D.

Ruang publik dengan banyak kursi & vertical garden di dinding-dinding sekitarnya

***


LAPORAN HASIL PENGAMATAN

Tempat pengamatan      :  Mall Summarecon Bekasi
Waktu pengamatan        :  09.00 – 12.00
Objek yang diamati         :  - Ruang publik (lt. GF), vertical garden, & ruang kaktus
-  ACE Hardware
-  Food Hall
-  Interior Mall
Orang yang mengamati :  Euis Sri Nurhasanah
Hasil Pengamatan           :

Ø       Ruang Publik GF, vertical garden, & ruang kaktus

Ruang publik GF terdiri atas area terbuka dengan banyak kursi serta view bebas dari atas yang memungkinkan dapat mengamati pemandangan sekitar dengan jangkauan luas dan leluasa. Di sebelah kiri setelah tangga terdapat ruang display kaktus, beserta vertical garden dan tanaman dalam pot menghiasi beberapa titik di sekitar ruang publik tersebut.
vertical garden & ruang kaktus

Pembelajaran yang dapat dilakukan di area ini antara lain:
  • Pengamatan dan eksplorasi terhadap vertical garden & ruang kaktus. Objek-objek pembelajaran yang dapat dieksplorasi di area ini misalnya:
-       Jenis tanaman yang dapat ditanam di vertical garden, persyaratan & karakteristik khusus tanaman untuk vertical garden
-       Media tanam yang digunakan untuk vertical garden & tanaman-tanaman dalam pot serta kaktus, jenis-jenis media tanam yang cocok untuk berbagai jenis tumbuhan
-       Pengetahuan biologi botani mengenai klasifikasi tumbuhan & karakteristiknya, dengan contoh-contoh tanaman yang ditemui di sekitar area tersebut
-       Perawatan & pengelolaan vertical garden beserta pengetahuan tentang gardening secara umum (sebelum area parkir motor ada semacam ruang stok tanaman, kemungkinan untuk suplai tanaman dan perawatannya)
  • Belajar menulis narasi deskriptif mengenai setting tempat & suasana.
  • Penelitian mengenai pemanfaatan ruang publik melalui kegiatan wawancara dengan pengunjung dan/atau pengelolanya.
Ø  ACE Hardware
produk dekorasi dari plastik
Beberapa kegiatan pembelajaran yang dapat dilakukan melalui eksplorasi area home shopping di ACE Hardware di antaranya adalah sebagai berikut.
-       Eksplorasi mengenai aplikasi teknologi dalam peralatan rumah tangga
-       Eksplorasi di area display dekorasi berbahan plastik khususnya, seperti dekorasi tanaman plastik & keset dekoratif, akuarium, & seluruh area secara umum. Pengamatan terhadap item kerajinan yang dijual & harganya di area ini dapat dijadikan inspirasi untuk membuat karya kerajinan sejenis dari bahan-bahan yang mudah didapat, dan lebih lanjut menumbuhkan insting enterpreneurship.
-       Eksplorasi di area display keperluan gardening mengenai bahan-bahan/peralatan yang diperlukan untuk kegiatan gardening berikut survey harga, jenis-jenis pupuk/nutrisi untuk tumbuhan, dan lain-lain.
produk gardening kit

Ø  Food Hall
Kegiatan pembelajaran yang dapat dilakukan di area ini antara lain sebagai berikut.
Eksplorasi di area produk-produk hidroponik. Beberapa fokus kegiatan belajar yang dapat dilakukan misalnya:
-       Eksplorasi mengenai perbedaan produk yang dihasilkan secara hiroponik dibandingkan dengan produk hasil penanaman konvensional.
-       Kegiatan wawancara mengenai supply chain produk-produk hidroponik dengan store manager yang bersangkutan
-       Eksplorasi terhadap produk-produk organik yang dipasarkan: pengemasannya, penyimpanannya, food hygiene, dll.
-       Pembelajaran perhitungan matematika aplikatif mengenai persentase, netto/bruto, & ukuran berat.


Peta Perjalanan & Denah Lokasi Menuju Titik Pengamatan

(credit: mallbekasi.com)

Jenis Kegiatan Outing
Kegiatan outing yang dipilih yaitu kegiatan eksplorasi pembelajaran di area Food Hall dengan fokus kegiatan sebagaimana sudah disebutkan sebelumnya di bagian laporan Hasil Pengamatan.
Alasan pemilihan lokasi & jenis kegiatan:
Area ini memungkinkan siswa belajar mengeksplorasi beragam bidang pembelajaran sekaligus, seperti pengetahuan mengenai produk-produk organik & hidroponik, manajemen supply chain dalam pemasaran produknya, pengetahuan mengenai teknologi makanan, serta pembelajaran matematika aplikatif & latihan mengolah informasi melalui observasi & wawancara.

Rundown Acara Outing ke Summarecon Mall Bekasi
07.30 – 08.00 Siswa berkumpul di Sekolah Jingga & mempersiapkan perbekalan yang harus dibawa, seperti: alat tulis, worksheet, bekal makanan & minuman. Guru mengabsen daftar siswa yang akan mengikuti kegiatan outing, serta mengecek kelengkapan perbekalan siswa yang diperlukan.
08.00 – 09.00  Start perjalanan menuju lokasi outing.
09.00 – 10.00 Eksplorasi sekitar area outdoor & ruang publik sesuai kegiatan pembelajaran yang telah ditentukan masing-masing.
10.00 – 11.00  Eksplorasi di area indoor mall sesuai kegiatan pembelajaraan yang telah ditentukan masing-masing
11.00 – 12. 00 Istirahat makan-minum & perjalanan pulang dari lokasi outing ke Sekolah Jingga
12.00 – 13. 00 Sholat zuhur & makan siang
13.00 – 13.30  Persiapan pulang sekolah & berdoa

5 komentar:

  1. keliatannya lebih seger dari pada yg di serpong karna byk pohon2nya :D

    BalasHapus
  2. Saya belum pernah ke Summarecon yang di Serpong. Banyak tanaman di sini, memang. Tapi kalau ke sana siang-siang di luarnya tetep aja panas, soalnya nggak ada pohon besar yang bisa memberi keteduhan :)

    BalasHapus
  3. Wah seru. Nyaman banget ya tempatnya....
    TFS< Mak. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, Mak. Banyak yg belum dieksplor nih :D

      Hapus
  4. makasih infonya.. salam kena..
    lihat postingan terbaru ku nih..
    sekolah di summarecon bekasi

    BalasHapus